Beranda

GAMBARAN UJIAN DINAS TINGKAT I PNS DEPARTEMEN KEUANGAN

Persyaratan :
1.PNS yang telah menduduki pangkat/golongan Pengatur Tk.I / II d masa kerja dua tahun di golongan tsb pada periode 1 April atau 1 Oktober . Biasanya pegawai tersebut diusulkan terlebih dahulu oleh satker tempatnya bekerja.
2.Jika pada masa tersebut PNS ybs telah memiliki ijazah S1, maka dia bisa memilih untuk mengikuti UPKP (ujian penyesuaian kepangkatan).


Pelaksanaan UD Tk.I di BPLK Yogyakarta.

1.Registrasi peserta :
Biasanya diberi waktu selama satu pekan sebelum UD dilaksanakan.
Saat registrasi diminta mengisi lembaran registrasi yang diisi dengan pensil 2B dan pulpen. Sediakan foto 3x4 dua lembar dan 4x6 dua lembar.( berwarna, latar belakang merah).

2.Modul diberikan kepada peserta sekitar satu bulan atau dua pekan sebelum UD dilaksanakan.

3.Diharapkan calon peserta UD sudah membaca dan mempelajari modul tsb sebelum melaksanakan UD.

4.Waktu :
Tutorial di kelas : 6 hari (Senin-Sabtu, pukul 08.00 – 15.15) waktu terpanjang selesai pukul 17.00
Ujian : 4 hari (hari I = 3 mataujian II=2 mata kuliah III=3 mata kuliah IV=2 mata kuliah). Durasi per mataujian 45 menit, paling lama 60 menit.

5.Gambaran Tutorial Kelas :
-Kegiatan diawali pembukaan di kelas oleh perwakilan BPLK.
-Tiap-tiap peserta di beri nametag, map plastik berisi : pensil 2B, penghapus, dan notepad.
-Widyaiswara : menyampaikan materi dilanjutkan dengan diskusi (kadang-kadang tidak ada diskusi)
-Sebagian widyaiswara memberikan soal tahun lalu dan dikerjakan bersama-sama sebagai latihan.
-Istirahat pertama 15 menit (coffee break) diberi minuman teh / kopi dan snack.
-Istirahat kedua 1 jam (diberi makan siang), sholat dzuhur.
-Istirahat ketiga 15 menit (coffee break) diberi minuman teh / kopi dan snack, sholat ashar.

6.Gambaran Ujian :
-Soal biasanya kurang-lebih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.
-Jumlah soal 45, UUD 45 dan Pancasila 60 soal.
-Bentuk soal memilih B-S dan Pilihan Ganda ( A B C D).
-Lembar jawaban komputer, menggunakan pensil 2B, siapkan beberapa pensil untuk cadangan, rautan, karet penghapus, pulpen untuk mengisi daftar hadir.

7.Kiat belajar mempersiapkan ujian dinas :
-Upayakan membaca keseluruhan materi dalam modul, minimal sekali.
-Beri tanda untuk hal-hal penting dalam modul dengan stabilo, agar mudah mengingatnya saat membaca ulang.
-Kerjakan latihan soal dalam modul (sudah ada kunci jawaban sebagai referensi), ukur kemampuan Anda dalam memhami materi.
-Cari dan kumpulkan soal-soal tahun kemarin. Kerjakan soal-soal tersebut sebagai latihan. Biasanya banyak soal tahun-tahun sebelumnya yang keluar lagi.

8. Tempat Kost :
Peserta bisa memilih tinggal di asrama BPLK (hubungi pihak yang mengelola), biasanya satu kamar ada 3-4 tempat tidur. Dengan fasilitas kamar mandi dan kipas angin. Tiap yang tinggal diasrama dipungut biaya (yang menentukan pihak pengelola).
Peserta bisa juga memilih tempat kost disekitar BPLK. Biaya kost selama mengikuti UD sebesar Rp 150.000,- per orang. Satu kamar bisa dihuni 2 orang (Rp 300.000). Ada juga yang menyediakan satu kamar untuk satu orang , kamar mandi di dalam. Fasilitas kamar kost : Tempat tidur (lengkap dengan bantal dan spreinya) jika beruntung dapat springbed. Kamar Mandi ada yang di dalam. Tidak usah repot-repot bawa setrikaan, biasanya bisa meminjam di tempat kost. Atau kalo nggak mau repot lagi tinggal bayar ke tempat kost baju dah bersih dan disetrika rapi ( tentunya bayar lebih dong).
Oleh penyelenggara UD (BPLK) para peserta yang berasal dari luar kota diberikan uang pengganti pemondokan sebedar Rp 150.000,- ( kayaknya sudah janjian sama yang punya kost..he...he..)
Gambaran suasana tempat kost :
Yang memilih tinggal di tempat kost penduduk setempat, biasanya bergabung dengan para mahasiswa/i kampus UKRIM (universitas kristen imanuel). Jadi pandai-pandailah menjaga diri 

9.Dimana kalo makan?
Urusan makan adalah urusan yang sangat vital. Apalagi menghadapi tutorial dan ujian yang cukup menyita energi. Perlu kondisi fisik yang fit.
Disekitar BPLK tersedia warung-warung makan : Padang (mulai dengan harga 7000 –termasuk minum), Masakan Jawa – warung bu Mar ( mulai harga 3500 – termasuk minum). Pecel Lele 6000 (termasuk minum).dll.
Air minum dikamar.... beli aqua botol besar.... ya sekitar 5-6 botol selama ikut UD.

Jika Anda dari luar kota Yogya, Anda bisa turun di Terminal Giwangan. Kemudian naik Bus jurusan Solo, sekitar 15 menit, bayar Rp 2000,- bilang ke kondektur “ turun UKRIM..Pak!”. Anda bisa memperhatikan petunjuk di jalan raya , biasanya bisa di lihat di alamat2 papan iklan. Jl.Solo Km.9.....Km.10....Km.10.5.... nah Anda harus sudah siap-siap untuk turun di Jl.Solo Km.11....dari jauh Anda akan melihat papan iklan besar kampus UKRIM. Kemudian Anda jalan kaki sekitar 200 meter arah kiri untuk menuju BPLK.
Jika Anda berangkat dari terminal Sukoharjo....naik bus jurusan Yogyakarta.....turun di Kampus UKRIM. Nyebrang jalan....masuk 200 meter ke BPLK.

Mudah-mudahan gambaran ini bisa membantu Anda yang akan mengikuti ujian dinas tingkat I di BPLK Yogyakarta.

10. SPPD......dapat nggak?
Masing-masing instansi berbeda, ada yang membawa SPPD dari kantor. Ada yang tinggal tandatangan..dapat uang.
Khusus peserta dari DJPB.....(Kanwil DJPB dan KPPN) biaya perjalanan dinas diserahkan langsung oleh petugas dari Kantor Pusat di BPLK Yogyakarta. Besarannya lumpsum 2 hari (Rp 220.000 x 2) ditambah biaya transport pulang-pergi.... Lumayan. 

Goodluck.........


No comments: