Beranda

Belum pernah naik Commuter Line?

Commuter line adalah moda transportasi andalan bagi para pekerja di Jabodetabek. Andalan? Betapa tidak, meski setiap hari pagi dan sore para pekerja itu berdesak-desakan, merekan tetap saja menggunakan Commuter Line. Bagi mereka mungkin tidak ada pilihan lain yang lebih baik. 


CL Saat Bukan Jam Sibuk
Jika kebetulan anda naik Commuter Line pada bukan jam sibuk, maka gerbong-gerbong yang masih kosong dan sedikit penumpangnya akan anda temui. Sebaliknya saat jam sibuk ( berangkat dan pulang kerja), bisa-bisa anda tidak akan menemukan sejengkal ruang pun yang tersisa di dalam gerbong. Untuk jangan pernah anda membawa keluarga, terutama balita dan manula saat jam-jam sibuk tersebut.

CL Saat Jam Sibuk
Bagi yang setiap hari sudah terbiasa naik Commuter Line, akan bisa dengan mudah mendeteksi sampai di stasiun mana selama perjalanan. Namun bagi yang baru pertama kali naik Commuter Line, merupakan kesulitan tersendiri , apalagi di malam hari. Terkadang petugas Commuter Line mengumumkan melalui pengeras suara saat menjelang pemberhentian di stasiun berikutnya. Tapi sering pula, tidak ada pengumuman apa-apa dari petugas.

Untuk menghindari 'kebablasan' atau terlewatnya stasiun tujuan anda, perlu dicoba beberapa tips sebagai berikut :

  • Usahakan anda duduk atau berdiri didekat pintu, karena di atas pintu biasanya terdapat petunjuk tentang  rute CL.
  • Sempatkan melongok melalui pintu yang terbuka, atau melalui kaca jendela saat CL berhenti, untuk melihat nama stasiun.
  • Bertanya kepada penumpang lain, sudah sampai dimana saat itu, dan berapa stasiun lagi sampainya kita di stasiun tujuan.



No comments: