Beranda

Sholat di tengah Sawah



Seperti biasanya saya dan keluarga berkunjung ke rumah orang tua. Hal itu kami lakukan setidaknya sebulan sekali. Sebenarnya saya kasihan kepada anak-anak karena, mereka akan kecapekan dengan perjalanan selama 1 1/2 jam di atas sepedoa motor. Tapi kami selayaknya selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah di berikan Allah kepadaku dan keluargaku. Tentunya ada keinginan untuk membeli mobil jika memang Allah memeberi rizki untuk itu.

Ketika perjalanan sampai di daerah yang kanan-kiri jalan berupa persawahan, kami dikejutkan dengan sebuah pemandangan yang menyejukkan. Pemandangan yang pertama kali kulihat dalam hidupku. Kali ini sepertinya para petani sedang menikmati masa panen padi, mungkin yang kedua kalinya dalam musim tanam ini.Saat itu, beberapa ibu-ibu dengan mengenakan mukena yang sudah tidak putih lagi sedang khusyuk melaksanakan sholat dzuhur. Sementara beberapa orang di belakangnya masih ada yang menyelesaikan pekerjaanya. Mereka menghampar selembar tikar untuk melaksanakan sholat di pinggir sawah itu.
" Mi, lihat itu nggak?" aku bertanya pada istriku.
"Iya, saya lihat" jawab istriku.
"Jundy, lihat orang sholat itu?" tanyaku pada anakku.
"Iya Bi, ada orang sholat di sawah" jawab anakku yang baru berumur 4 tahun.
"Rasanya terharu ya Mi, ternyata masih ada yang mau bersyukur ditengah kesibukan mereka.Padahal mereka hanya petani kecil." lanjutku.

Kemudian aku terhanyut dalam renunganku sambil mengendarai motorku.Apakah para konglomerat dengan harta melimpah tidak malu jika melihat pemandangan itu. Seharusnya mereka lebih bersyukur dengan limpahan harta yang begitu banyak. Masak kalah dengan para petani miskin.
Atau .... kemudian ku kembalikan kepada diriku sendiri. Membayangkan ketika para petani itu menyempatkan diri sholat di tengah sawah, dalam keadaan panas terik, berkeringat dan tempat seadanya. Sedangkan aku...dan juga para pekerja kantoran yang lain...? Tempat bersih, ruangan ber AC. Sudahkan melaksanakan sholat tepat waktu ditengah kesibukan pekerjaan?

Sumber Foto : anyer-beach.blogspot.com

No comments: