Beranda

Menjelang pindah tugas

Belum genap setahun saya berada di Kudus. Angin mutasi .. kembali berhembus. Kali ini angin itu berasal dari nuansa perubahan yang sedang berhembus di instansi tempat saya bekerja. Katanya sih ini merupakan konsekuensi dari era reformasi. Menuju perubahan yang lebih baik, pelayanan prima, pelayanan yang bersih dari KKN. Sebagai pendukung reformasi saya pun menyambut dengan baik dan penuh semangat ketika ada pengumuman rekrutmen untuk kantor percontohan.


Saat itu saya masih menjalani diklat ujian dinas bersama teman-teman seangkatan dan adik kelas dikampus dulu.Momen itu juga kami manfaatkan untuk reuni kecil. Kami bisa bertemu dalam keadaan 'tersenyum'... karena posisi kami saat itu di dekat kampung halaman kami. Kampung halaman yang telah ditinggalkan 5 sampai 8 tahun. Selama itu pula kami tidak saling bersua.

Teman-teman juga bersemangat untuk mengikuti tes seleksi tersebut. Namun di sela-sela semangat kami, terbersit pula sebuah keraguan ... apakah kami masih akan berada di dekat kampung halaman ketika kami berhasil lulus seleksi? Ya... sebuah pertanyaan besar yang secara wajar akan muncul dibenak kami masing-masing. Betapa tidak... kami belum setahun berada di dekat keluarga besar masing-masing. Bisa bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak family lebih sering. Dan menikmati murahnya biaya hidup di Jawa.... semua itu tentunya tidak bisa dipungkiri adalah karunia dari Allah swt.

Namun.. sebagian kami masih tetap semangat. Apapun hasilnya ... yang penting maju dulu mengikuti sebuah tantangan itu. Hal ini juga saya diskusikan dengan istri tercinta. Karena walau bagaimanapun akan mempengaruhi planning kehidupan yang telah kami susun sejak menginjakkan kaki di Jawa. Jundy yang sudah diterima di TKIT, rumah yang sudah kami bayar uang mukanya, aktivitas dakwah yang kami ikuti di Kudus, amanah dakwah yang telah diberikan kepada kami.....
Akhirnya .... keputusan kami.. maju terus. Tes seleksi pun saya ikuti dengan penuh kesungguhan.

Tampak yang ikut banyak orang yang sudah saya kenal. Kembali suasana reuni itu pun terasa.... Setelah itu kami asyik masyuk mengerjakan soal-soal yang cukup menguras energi kami.

Akhirnya saat pengumuman yang ditunggu tiba.... saya dinyatakan LULUS. Tapi dari kebutuhan yang ada.. ternyata masih kurang banyak. Akhirnya .. SK mutasi pun belum diterima, masih menunggu yang menentukan kebijakan…..kapan kantor percontohan akan di Launching..?


No comments: